Dinsdag, 12 Maart 2013

PENGERTIAN Sistem informasi manajemen



PENGERTIAN
Sistem informasi manajemen
MENURUT PARA AHLI:
  • Menurut Gordon B.Davis dalam buku ‘Kerangka dasar SIM’, SIM adalah :Sistem Informasi Manajemen adalah Suatu serapan teknologi baru kepada persoalan keorganisasian dalam pengolahan transaksi dan pemberian informasi bagi kepentingan keorganisasian’. (Gordon B.Davis,1985;23). 

  • Menurut George M.Scott, dalam buku ‘Prinsip-prinsip SIM’ adalah :Sistem Informasi Manajemen adalah serangkaian Sub-sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar criteria mutu yang telah ditetapkan
  • Menurut Frederick H.Wu SIM adalah : ‘Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan-kumpulan dari sistem-sistem yang menyediakan informasi untuk mendukung manajemen’. (Jogiyanto,2005,14).
  • Menurut Kroenke David, 1989 SIM adalah:Pengembangan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi

  • Menurut Stoner 1996  SIM  merupakan metode formal yang menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan , operasi secara efektif dan pengendalian 
  • Menurut Barry E.Cushing, SIM adalah :

‘Suatu sistem informasi manajemen adalah Kumpulan dari manusia dan sumber daya modal di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk mengahasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian’. (Jogiyanto,2005,14).


  • Menurut  Mc. Leod, 1995 SIM  didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika. Informasi digunakan oleh pengelola maupun staf lainnya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah.

MENURUT PENDAPAT SAYA SENDIRI 
 Sebuah informasi yang dimana didlamanya terdapat  data-data yang akan dikelola, jika data tersebut telah diproses, maka akan memiliki arti/manfaat yang berguna.dan memberikan informasi yang bersifat intern dan ekstern, kepada manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan dan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.










Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking